Belajar Tentang Unity3D (Pengenalan dasar)



       Unity merupakan sebuah software Developing Game. dengan software ini bisa kita gunakan untuk membuat Game dengan mudah, dulu saya berpikir kalo buat game itu harus menggunakan aplikasi yang khusus dan sulit didapatkan, tetapi saya menemukan Game Engine ini...
Unity ini adalah sebuah aplikasi berbasis MuntIPlatform, mungkin kalian belum ytau apa itu MuntIPlatform? MuntIPlatform adalah aplikasi yang dapat Mempublish ke banyak format tipe file, contohnya : exe, apk,dan lain-lain.

       Unity perlu lisensi untuk dapat dipublish ke platform tertentu, seperti format pada tipe format ".apk" Tetapi Unity menyediakan untuk free user dan bisa di publish dalam bentuk Standalone (.exe) dan web. Untuk saat ini Unity sedang mengembangkan berbasis AR (Augment Reality)
Unity tidak hanya bisa digunakan untuk membuat game 3D saja, namun bisa juga untuk 2D.

        Unity adalah tool pengembang video game yang membantu orang mengembangkan game enviroiment 3D. Lingkungan pengembang unity berjalan di Microsoft Windows dan Mac OS, game yang dihasilkan dapat dijalankan di Windows, Mac, Xbox 360, PlayStation 3, Wii, iPad, Iphone, dan Android. Unity juga bisa menghasilkan permainan di browser dengan menggunakan pluign Unity Web Player, Bisa digunakan untuk Windows dan Mac tetapi belum kompatibel untuk Linux.

Sejarah Unity :

       Unity Technologies dibangun pada tahun 2004 oleh David Helgason (CEO), Nicholas Francis (CCO), dan Joachim Ante (CTO) di Copenhagen, Denmark setelah game pertama mereka GooBall, gagal lagi dalam meraih sukses. Ketiganya menyadari nilai sebuah engine dan tool dalam sebuah pengembangan game dan berencana untuk membuat sebuah engine yang dapat digunakan oleh semua dengan harga terjangkau. Unity Technologies mendapat bantuan dana dari Sequoia Capital, WestSummit Capital, and iGlobe Partners.

      Kesuksesan Unity terletak pada fokus mereka untuk memenuhi kebutuhan indie developer yang tidak dapat membangun game engine mereka sendiri atau membeli lisensi game engine yang terlalu mahal. Fokus perusahaan ini adalah "Democratize game development" atau diterjemahkan sebagai "Demokrasi Pembangunan Game" dan membuat sebuah pembangunan game baik 2D maupun 3D bisa dicapai oleh banyak orang. Oleh siapa pun.

       Pada tahun 2008, Unity melihat kebangkitan iPhone dan menjadi game engine pertama yang melakukan dukungan penuh pada platform tersebut. Unity sekarang di gunakan oleh 53.1% developers (termasuk mobile game developer) dengan ratusan game yang dirilis baik untuk iOS maupun Android. Pada tahun 2009, Unity mulai meluncurkan produk mereka secara gratis. Jumlah developer yang mendaftar melonjak drastis sejak pengumuman tersebut. Pada April 2012, Unity mencapai popularitas yang sangat tinggi dengan lebih dari 1 juta developer.

       Unity sangat mampu melihat berbagai peluang dan perubahan. Hal inilah yang menjadikannya sebagai game engine "termurah" yang paling banyak digunakan oleh seluruh orang di dunia. Ingat, Unity bisa digunakan untuk perorangan dan tidak selalu harus digunakan oleh sebuah studio game yang berjumlah ratusan orang. Tampaknya, demokrasi yang diusung sebagai slogan Unity memang benar adanya. Apalagi semenjak dirilisnya Unity dengan lisensi free.

      Kamu bisa mengunjungi WEB resminya Unity3D dan downloadlah yang versi terbaru hingga juni 2015 ini adalah versi 5.0.2f1
pada versi ini sudah di fix bug-bug dan kesalahan pada versi sebelumnya, yang pernal saya alami yaitu tidak bisanya menulis Script "JavaScript" di MonoDevelop-Unity.

Fitur-Fitur dalam Unity :

*. Rndering
Graphic Engine yang digunakan adalah Direct 3D "Windows, Xbox 360", OpenGL (Mac, Windows, Linux, PS3), OpenGL ES (Android, iOS), dan Proprietary APIs (Wii). Unity juga mendukung kemampuan untuk bump mapping, Reflection Mapping, Parallax Mapping, Screen Space Ambient Occlusion (SSAO)
Unity dapat mengnggunakan format desain dari 3ds Max, Maya, Blender, dll. model 3D tersebut dapat ditambahkan ke game project dan diatur oleh GUI.

*. Scripting
Script game engine pada versi 5.0.2f1 memggunakan MonoDevelop 4.0.1, sebuah implementasi Open Source dari .NET Framework. kamu bisa menggunakan Script dalam bentuk (JavaScript, C#, dan Boo).

*. Asset Tracking
Unity juga menyertakan Server Unity Asset, sebuah solusi terkontrol untuk developer game Assets dan Script.

*. Platform
Sudah saya jelaslan pada bagian awal bahwa Unity ini berbasis MultyPlatform yang bisa digunakan oleh oleh banyak Sistem Operasi. Unity juga mengijinkan spesifikasi rendah untuk menggunakan software ini, karena Unity menyediakan Kompresi Texture dan pengaturan resolusi di setiap platform yang di dukung.

* Assets Store
Assets Store adalah sebuah resource yang hadir di WEB resmi Unity3D, terdiri dari lebih dari 4,400 koleksi assets packages, 3D model, material, Audio, Scripting, dll.  Assets Store diluncurkan pada November 2010, kamu bisa mengaksesnya di www.assetstore.unity3d.com

*. Physic
Unity juga memiliki support build-in untuk PhysX physics engine (sejak Unity 3.0) dengan penambahan kemampuan untuk simulasi real-time cloth pada arbitrary dan skynned meshes, thrick ray cets, dll.


Baca juga :
 

2 komentar

Posting Komentar

Ads Inside Post